Film dan BukuRubrik Umum

Titanic, Tragedi Mengerikan yang Kekal dalam Balutan Romansa

Titanic, Tragedi Mengerikan yang Kekal dalam Balutan Romansa
Oleh : Ade Trias

Siapa yang tidak pernah mendengar kisah tentang Titanic? Kapal pesiar supermewah dan terbesar pada masanya itu tenggelam saat melakukan pelayaran pertamanya pada April 1912. Titanic tenggelam setelah menabrak gunung es yang ada di Samudra Atlantik Utara. Tabrakan itu menyebabkan lima dari total enam belas kompartemen kedap airnya rusak dan membuat Titanic tenggelam dalam waktu kurang dari tiga jam.

Kapal mewah yang dibangun pada tahun 1909 itu membawa 2.224 orang penumpang. Titanic memulai pelayaran dari Southampton, Inggris, menuju ke New York City, Amerika Serikat pada tanggal 10 April 1912. Pada hari keempat pelayaran, tepatnya 14 April pukul 23.40, Titanic menabrak gunung es lalu tenggelam beberapa jam kemudian.

Kecelakaan yang dialami Titanic menjadi tragedi kapal tenggelam dengan korban jiwa terbesar yang menyita perhatian dunia. Dilansir dari Wikipedia, tercatat ada 1.514 orang yang tidak dapat diselamatkan saat proses evakuasi.

Tragedi terbesar pada kecelakaan laut yang menimpa kapal Titanic memantik reaksi dan simpatik dari dunia internasional. Pada tahun 1995, seorang sutradara sekaligus produser, James Cameron, memulai proyek pembuatan film Titanic yang didanai oleh rumah produksi Paramount Pictures dan 20th Century Fox. Pada masa itu, Titanic menjadi film dengan biaya produksi termahal hingga mencapai 200 juta dolar Amerika.

Tak hanya menelan biaya yang besar, Titanic juga menjadi film yang dibuat dalam rentan waktu yang cukup lama. Sejak memulai produksi pada tahun 1995, film ini pertama kali rilis pada 1997 dan mulai ditayangkan di Indonesia pada tahun 1998.

Meski film ini dibuat setelah 85 tahun tragedi mematikan itu terjadi, nyatanya dunia masih menaruh perhatian besar terhadap semua hal yang berkaitan dengan Titanic. Film ini mendulang kesuksesan yang luar biasa dan mendapat keuntungan 2,25 dolar Amerika atau sepuluh kali lipat dari modal yang dikeluarkan. Tak hanya itu, Titanic juga dinobatkan menjadi film terlaris selama 12 tahun dan berhasil meraih puluhan penghargaan bergengsi dalam banyak kategori perfilman.

Hal ini tentu tak lepas dari kepiawaian James Cameron dalam meracik adegan demi adegan yang tersaji di dalam film Titanic. Meskipun film ini dibuat berdasarkan kisah nyata dari tragedi yang memilukan, tapi Cameron mampu membalut kepedihan itu dengan romansa kisah cinta yang indah antara Rose dan Jack Dawson.

Dengan segala pencapaian dan latar belakangnya, maka tak heran jika Titanic menjadi film yang patut direkomendasikan untuk ditonton di akhir pekan. Anda bisa menyaksikan film berdurasi 194 menit ini bersama teman atau pasangan.

Nah, bagi Anda yang tidak menyukai film dengan nuansa romantis yang membosankan, tenang, Titanic tidak akan membuat Anda tertidur saat tengah menonton. Drama menegangkan yang disajikan dengan polesan teknologi CGI akan membuat adrenalin Anda naik. Selain itu, ketampanan Leonardo DiCaprio yang berperan sebagai Jack dan kecantikan Kate Winslet yang memerankan karakter Rose akan memanjakan mata penonton. Kepiawaian para aktor dan aktris dalam memerankan setiap karakter dalam film ini mampu membuat penonton gemas dan terbawa ke dalam alur cerita.

Percayalah, Titanic akan menjadi tontonan penuh drama yang romantis, manis, dan menegangkan.

 

Ade Trias, emak-emak yang kangen pengen nonton film Titanic.

Editor : Lily

 

Grup FB KCLK
Halaman FB Kami
Pengurus dan kontributor
Mengirim/Menjadi penulis tetap di Loker Kata

+1
Tags

Tulisan terkait

Leave a Reply

Close