Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/lokerkata/public_html/wp-content/plugins/jaw-customposts/jawcustomposts_templater.php on line 249
Kenali Tanda-Tanda Tubuhmu Butuh "Pause" - Loker Kata
KesehatanPendidikanRubrik Umum

Kenali Tanda-Tanda Tubuhmu Butuh “Pause”

Eda Erfauzan

Kenali Tanda-Tanda Tubuhmu Butuh “Pause”
Oleh: Eda Erfauzan

Lelah hayati! Capek deh! Pernah dengar frasa itu? Atau kalimat “mungkin, dia lelah”?

Pernah merasa tak bersemangat saat bangun tidur? Padahal durasi tidurmu cukup. Uring-uringan, mudah marah, senggol bacok atau jika bicara ngegas terus hingga pada satu titik kamu ngerasa stuck, nggak tahu mau ngapain.

Itu artinya tubuh dan jiwamu sedang mengirimkan kode keras untuk jeda sejenak. Meminta kita undur diri dari rasa lelah. Menarik napas panjang, melihat lebih banyak hal-hal di luar dirimu dan menikmati kehidupan, minimal jalan-jalan di taman atau bermain dengan keponakan.

Nah, kalau begitu sebenarnya apa aja sih yang bikin orang merasa lelah, lelah lahir batin?

Tuhan sudah menciptakan tubuh kita dengan sempurna berikut alarmnya. Tanda peringatan jika apa yang kita lakukan sudah over load dan tubuh butuh di-pause untuk me-recharge dirinya. Kelelahan sendiri muncul dari akumulasi simpanan emosi dan gaya hidup. Sampah emosi seperti rasa marah, iri, benci bahkan sayang dan cinta yang terpendam bisa menggerogoti daya tahan tubuh. Begitu pun aktivitas sehari-hari yang mulai terasa monoton dan membosankan.

Secara umum ada beberapa hal yang membuat orang merasa lelah lahir batin:

1. Ingin semua berjalan sempurna dan sesuai keinginan
Hidup tidak pernah sempurna, ada batasan-batasan yang bisa dan tidak bisa kita capai, karena jika sempurna kita tidak akan belajar cara untuk bertahan.

2. Tidak bisa tegas menolak permintaan dari orang lain
Hal ini sering dialami oleh siapa saja, posisi di mana kita merasa bersalah jika menolak. Padahal tidak ada salahnya menolak jika memang kita tidak mampu untuk menerima sesuatu yang bakal menjadi tanggungan kita.

3. Sibuk dengan hal-hal yang tak pasti dan senang membesarkan masalah
Ada banyak hal dalam hidup yang perlu diperhatikan, tetapi orang-orang terkadang, secara alamiah, menyukai hal-hal kecil dan membuatnya menjadi suatu yang besar.

4. Kurang minum air putih
Sebagian besar tubuh kita adalah cairan. Kekurangan cairan/dehidrasi akan membuat sirkulasi darah keseluruh tubuh terganggu dan kekentalan darah meningkat. Menurut Amy Goodson. RD pakar diet dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, kekurangan cairan 2% saja dalam tubuh sudah menyebabkan kehilangan energi yang bisa memicu rasa lelah.

5. Kurang konsumsi makanan yang mengandung zat besi
Kekurangan zat besi yang berfungsi sebagai kendaraan oksigen ke otot dan sel akan membuat tubuh merasa lemah, mudah lelah, mudah tersinggung dan tidak fokus. Jadi jangan ragu konsumsi tempe, hati, ikan dan lainnya kombinasikan dengan vitamin C yang membantu penyerapannya.

6. Sering mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi
Dalam indikator peningkatan gula darah (GI) dua kategori makanan tersebut menempati posisi tinggi. Jumlah gula darah yang naik turun drastis menyebabkan tubuh merasa mudah lelah, letih dan lemah.

7. Jarang berolahraga
Mens sana in corpore sano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat dan olah raga adalah salah satu kegiatan yang memungkinkan kita mendapat keduanya. Kurang olah raga dan bergerak bisa memicu kelelahan akut.

So, kenali apa penyebab rasa lelahmu dan taklukan.

 

Eda Suhaedah/Eda Erfauzan lahir di Tangerang Banten. Anak keempat dari tujuh bersaudara yang semuanya perempuan. Gemar membaca sejak kecil dan mulai belajar menulis secara otodidak sejak tsanawiyah, tetapi lebih banyak curhatan di buku harian. Kesibukan bekerja sempat mengalihkan minat menulisnya. Kini keinginan menekuni kegemaran  menulis kembali hadir. Belajar hingga bisa melahirkan karya yang baik dalam isi maupun penulisan.

Grup FB KCLK
Halaman FB Kami
Pengurus dan kontributor
Mengirim/Menjadi penulis tetap di Loker Kata

0
Tags

Tulisan terkait

Leave a Reply

Close