MotivasiNongkrongParentingPendidikanRubrik Umum

Manfaat serta Kekurangan Handphone dan Internet

Adi Ismail dan Naafisa

Manfaat serta Kekurangan Handphone dan Internet

Oleh: Adi Ismail dan Naafisa

Pada era 2000-an handphone menjadi barang mewah yang hanya dimiliki kaum elite. Penggunaan handphone saat itu bisa digolongkan sebagai barang tersier, berbeda dengan sekarang yang mana handphone seolah-olah sudah menjadi kebutuhan wajib.

Saat itu mungkin tidak banyak yang tahu tentang cara penggunaan internet dan Wi-Fi, karena memang hal itu belum menjadi setenar sekarang. Namun di era digital saat ini manusia selalu dituntut untuk aktif, sehingga tak bisa dimungkiri lagi bahwa penggunaan handphone dan internet sangat dibutuhkan untuk menunjang kelangsungan hidup manusia.

Berbeda dengan dulu, saat ini hampir seluruh kegiatan manusia dilakukan melalui telepon seluler atau handphone. Mulai dari mencari kebutuhan rumah, mengakses berita terbaru, melakukan transaksi, hingga melakukan bisnis atau pekerjaan. Bahkan untuk bisa eksis atau dikenal banyak orang pun bisa/cukup dengan melalui handphone saja.

Selain handphone dan internet yang memberi kemudahan dalam melakukan suatu hal/aktifitas, mereka—handphone dan internet—mampu menjadi senjata yang sangat membahayakan bagi kita, dan ini bukan lagi rahasia, bahwa banyak kejahatan yang dilakukan di dunia maya dan dunia nyata, seperti: kasus pemerasan dan penipuan, pem-bully-an, fitnah, atau bahkan penyebab pembunuhan/bunuh diri.

Selain konten-konten atau media social yang digunakan secara salah dan dapat mengundang kebencian, dalam internet juga banyak terdapat situs-situs dewasa. Entah ini berupa tulisan atau video, namun jika sudah menyangkut internet tentu sesuatu yang berbau positif atau negatif sekali pun akan menjadi konsumsi umum, dan hal ini tentu sangat berbahaya jika sampai dikonsumsi oleh remaja ataupun anak-anak. Apalagi remaja dan anak-anak ini memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi dan tentu mereka belum bisa menyerap atau membedakan mana yang sebenarnya baik/buruk, layak/tidak layak.

Oleh karena itu, kita harus menggunakan handphone atau bisa dibilang smartphone dengan bijak. Jadilah generasi yang pintar melebihi alat yang diciptakan oleh manusia. Dan untuk para orang tua, awasi dan bimbing anak-anak dalam penggunaan handphone. Jangan sampai mereka terjerumus ke hal-hal negatif yang akan membuat masa depan mereka rusak begitu saja.

 

Adi Ismail dan Naafisa, penulis yang lahir dan besar di dua kota berbeda. Saling mengenal sejak bulan Desember 2017 di salah satu grup kepenulisan yang ada di Whatsapp. Seorang siswa dan siswi SMA yang menyukai dunia literasi. Untuk lebih mengenal kedua penulis ini silakan hubungi melalui:

Adi Ismail > Fb: Ce Mal, Email: adiismail804@gmail.com.

Naafisa > Email: Nilnakaesan2001@gmail.com, Fb: Nilna Kaesan Nafis, IG: Nilna_Kaesan

Grup FB KCLK
Halaman FB kami
Pengurus dan kontributor
Cara mengirim tulisan
Menjadi penulis tetap di Loker Kita

Tags
Close