Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/lokerkata/public_html/wp-content/plugins/jaw-customposts/jawcustomposts_templater.php on line 249
Peranan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak - Loker Kata
PendidikanRubrik Umum

Peranan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak

Lily Rosella

Anak-anak, mereka ibarat kertas putih yang masih bersih dan polos. Mereka akan mudah merekam dan mempraktikan apa yang dilihat dan didengar. Terutama hal-hal yang mereka pelajari dari kedua orang tuanya. Mereka akan memerhatikan setiap gerak-gerik kita dan mencoba untuk menirunya. Dan di sinilah terlihat betapa penting peran orang tua dalam membentuk karakteristik anak sebelum mereka memasuki tahap yang lebih tinggi.

Sebenarnya setiap orang tua memiliki cara sendiri dalam mendidik anak. Ada orang tua yang mendidik anaknya dengan cara yang tegas, lembut, keras, dan ada pula orang tua yang terlalu memanjakan anaknya. Dan tidak jarang kita mendapati kasus yang begitu umum terjadi, yaitu di mana seorang ibu merasa khawatir setiap kali menitipkan anak mereka pada ayahnya. Sifat ibu yang mudah cemas dan tidak tegaan terkadang membawa dampak buruk bagi anak. Pun sama halnya jika anak hanya dirawat oleh ayah tanpa adanya perhatian dari ibu.

Tapi tahukah para orang tua kalau sebenarnya kewajiban merawat dan mendidik anak itu menjadi tugas bersama?

Ya, ayah dan ibu memiliki peran penting dalam mendidik anak. Terkadang ibu harus membiarkan ayah merawat anak, dan ayah harus memiliki insiatif untuk ikut mendidik anak. Jangan terlalu cemas saat anak berada dalam pengawasan ayah atau ibunya, karena setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi anak-anak mereka.

Dan lagi, anak-anak perlu mengenal beberapa karakter sehingga mereka menjadi pribadi yang dewasa dan mandiri. Seperti cara mengasuh ibu yang lembut perlu diimbangi dengan cara mendidik ayah yang tegas. Sehingga anak tidak hanya menjadi pribadi yang rapuh dan merasa nyaman dengan dunia mereka sendiri, tapi mereka bisa menjadi sosok yang kuat dan berani keluar dari zona nyamannya.

Pun begitu cara mendidik ayah yang tegas perlu diimbangi dengan cara mengasuh ibu yang lembut sehingga anak bisa mengerti bagaimana caranya mengalah, mengucapkan sesuatu dengan benar tanpa menomorsatukan harga diri dan ego mereka.

Mulailah menyisihkan lebih banyak waktu untuk memantau perkembangan anak, sehingga mereka dapat membedakan mana yang baik dan buruk, benar dan salah. dan cara seperti ini selalu efektif dalam membentuk rasa percaya diri pada anak. Karena pada umumnya anak-anak akan merasa aman dan tenang saat mereka didampingi, terlebih jika kita bersedia menyisihkan waktunya untuk ikut bermain bersama mereka.

Jadilah orang tua yang peduli pada setiap perkembangan anak dengan catatan tidak mengekang anak untuk menentukan sendiri pilihan mereka. Daripada sibuk mengatur anak untuk begini dan begitu, maka akan lebih baik jika kita memberikan arahan sehingga mereka tidak melenceng pada hal-hal yang berbau negatif.

Di dalam hidup semua orang akan menghadapi berbagai pilihan. Dan di saat itulah cara pandang serta pola kehidupan akan berperan penting bagi mereka untuk menentukan pilihan yang tepat. Inilah alasan mengapa kita perlu memberikan didikan yang tepat sehingga anak akan benar-benar siap saat terjun dan berbaur dengan lingkungan yang lebih luas.(*)

0
Tags

Tulisan terkait

Leave a Reply

Close